Jumat, 14 September 2007

merek ternama ada formalinnya

Pasta Gigi, Sabun, dan Sampo Merek Terkenal Kandung Formalin

Lembaga Konsumen Jakarta menemukan sejumlah produk pasta gigi, sabun dan sampo buatan dalam negeri yang beredar di masyarakat mengandung formalin. Produk itu antara lain pasta gigi merek pepsodent dan formula, sabun cair merek lifebuoy, sampo merek lifebuoy, clear dan sunsilk.

Direktur Eksekutif Lembaga Konsumen Jakarta , Zaim Saidi, menjelaskan kandungan formalin yang tertera di sejumlah produk tersebut tercatat dengan nama kimia formaldehyde.

Dia mempertanyakan kenapa Badan Pengawasan Obat dan Makanan bisa mengizinkan produk-produk yang mengandung formalin beredar di tengah-tengah masyarakat. "Badan POM harus jelaskan masalah ini," kata Zaim kepada wartawan di Depok, Kamis.

Menurut Zaim, produk-produk yang mengandung formalin ini sangat akrab di mata konsumen. Pasta gigi formula diproduksi PT Ultra Prima Abadi. Adapun jenis lainnya lainnya diproduksi PT Unilever.

Zaim mempertanyakan mengapa produk itu tidak ikut ditarik dari peredaran, sebagaimana halnya dengan produk sejenis dari Cina.

Rincian produk yang mengandung formalin temuan Lembaga Konsumen Jakarta adalah pepsodent (herbal, whitening dengan perlite, pencegah gigi berlubang), formula (aksi putih sparking whitening, limited idol edition), sabun cair lifebuoy (deep clean bodywash actifresh), sampo lifebuoy (anti dandruff, daily care), sampo clear (active care anti ketombe, scalp oil control, hair fall defense), serta sampo sunsilk (strong & smooth, silky straight, clean & fresh, lasting black shine). " Ada juga produk pepsodent yang tidak mengandung formalin," kata Zaim.

Ia sudah menyurati Badan POM tentang hasil kajian lembaganya itu sekaligus mempertanyakan mengapa mengizinkan peredarannya.

Tidak ada komentar: